Syeikh Mohd. Sa’ad lahir di Mungka, Payakumbuh Sumatera Barat pada tahun
1277 H. bertepatan dengan 1857 H. Pada waktu muda, beliau belajar
ilmu-ilmu agana kepada Syeikh Abu Bakar Tabing Pulai Payakunbuh dan
kepada Syeikh Mhd. Saleh Mungka, Tanah Datar Batusangkar. Pada tahun
1894M. beliau naik haji ke Mekkah dan bermukim di situ menuntut ilmu
sampai th 1900 M. Sesudah mempelajari segala macam ilmu agama, beliau
pulang ke kampungnya. Pada tahun l912 beliau datang lagi ke Mekkah dan
mukim di situ sampai tahun l915 M. Pada tahun 1915 M. kembali ke
Indonesia, membuka pasantren (di Surau Baru Mungka Payakumbuh sanrpai
wafat, tahun 1924 M. (1339 H).
Beliau seorang UIama Syafi’iyah vang terkenal, bisa membaca kita-bkitab
Syafi’i yang besar-besar dengan lancar, seumpama kitab Tuhfah dan
Nihayah dan juga bisa mengajarkan tafsir-tafsir Al-Quran.
Pada satu ketika timbul perselisihan faham dengan Syeikh Ahmad Khatib
Minangkabau yang ketika itu menjadi Mufti di Mekkah dalam hal amalan
Thariqat Naqsyabandi, sehingga timbul polemik di mana masing-masing
membuat buku untuk nrenolak lawannya. Untuk menolak Syeikh Mhd. Sa’ad,
Syeikh Ahmad Khatib mengarang satu buku yang bernama “Izhar Ziglil
Kalzibin fi tasyabbuhim bis Shiddiqiin” dan Syeikh Mhd. Sa’ad mengarang
buku untuk menolak itu dengan nama “Irgamil unufil muta’an nitiin”,
dimana kedua ulama besar yalg setaraf ini “berdebat secara sengit” untuk
menegakkan kebenaran faham masing-masing.
Beliau berselisih faham tentang amal Thariqat Naqsyabandi, tetapi dalam
menganut faham Madzhab Syafi’i dalam syari’at dan ibadat kedua beliau
ini bersatu dan menjadi bintang-bintangnya. Syeikh Mhd. Sa’ad juga ahli
falak, pandai menghitung perjalanan bulan dan matahari, tetapi dalam
masuk puasa bulan Ramadhan beliau tetap me.makai ru’yah.
Pada tahun 1918 M terjadi musyawarah Ulama Syafi’iyah di Mesjid Ladang
Lawas, Bukittinggi, dengan pimpinan Syeikh Abbas Qadhi, di mana Syeikh
Mhd. Sa’ad juga ikut hadir. Dalam perrnusyawaratan itu ternyata bahwa
Syeikh Mhd Sa'ad adalah seorang Ulama Syafi’iyah yang pintar, melebihi
dari ularna-ulama Minangkabau ketika itu.
Beliau adalah guru dari guru-guru Syeikhul Masyaikh. Diantara murid
beliau yang kelihatan oleh penulis buku ini (KH. Siradjudin Abbas, pen.)
terdapat Maulana-maulana: Syeikh sulaiman ar Rasuli, Syeikh Abbas
Ladang Lawas, Syeikh Abd. Wahid Tabek Gadang, Syeikh Rasyid Thaher
Rambatan Payakumbuh, Syeikh Mohd. Jamil jaho, Syeikh Makhudum Solok,
Syeikh Sulaiman Gani Magek, Syeikh Abdul Majid Payakumbuh, dan
lain-lain. Kabarnya Syeikh Abdullah Halaban, seorang Ulama tua yang
sebaya dengan beliau juga mengakui kealiman Syeikh Mhd. Sa’ad Mungka
ini.
Salah seorang anak beliau, Syeikh Mhd. Jamil Sa’adi Mungka adalah
pengganti beliau sesudah beliau berpulang ke rahmatullah. Syeikh Mhd.
Sa’ad adalah tiang tengah Madzhab Syafii’i pada zamannya.
(sumber : http://www.kisah.web.id/ dengan merujuk kepada "Sejarah dan
Keagungan Madhzab Syafi’i", karangan KH. Siradjuddin Abbas, Pustaka
Tarbiyah, cetakan 1994.)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar